Wednesday 4 June 2014

Sejarah Gangster Asal Cina Triad

Posted by Unknown 13:57, under | No comments

Triad adalah sebuah organisasi kriminal etnis cina yang berbasis di Hongkong, Macau, Tiongkok daratan dan di negara - negara dengan populasi etnis cina yang besar seperti Malaysia, Singapore, Taiwan, Amerika Serikat, Inggris dan Kanada.

Di Indonesia kata Triad sudah tidak asing lagi, karena di Indonesia ada sebuah band papan atas yang di pimpin oleh musisi ternama di Indonesia yaitu Ahmad Dhani, band itu bernama Triad. Saya tidak tau pasti nama Triad di bandnya Ahmad Dhani itu di ambil dari mana atau mungkin hanya kebetulan sama dengan salah satu nama Gangster , tapi yang saya tau sebelum band itu terbentuk ada sebuah Geng terkenal didunia yang awal mula bernama Tian Di Hui (langit, bumi dan manusia) didirikan sekitar tahun 1760an sebelum berganti nama menjadi Triad.

Pada masa itu Tian Di Hui bertujuan menumbangkan kekaisaran Manchu era Dinasti Qing dan merestorasi peraturan Han di Cina dan akhirnya pada tahun 1911 Dinasti Qing tumbang. Organisasi yang awalnya bersifat patriotis kemudian berubah menjadi tak terarah yang mengakibatkan Organisasi ini tidak terlibat dan tidak menikmati kemajuan Cina. Mereka lalu menjadi marah dan depresi, namun tak mampu mengubah jalan hidup pembrontak dan mendarah daging selama 2 abad lebih. Dan akhirnya mereka berkembang menjadi Organisasi kriminal bawah tanah, inilah awal mula Triad.

Partai komunis mengambil alih pemerintahan cina dan menerapkan pengawasan ketat pada tahun 1949, hal ini mengakibatkan anggota Triad menyingkir ke daerah selatan, Hongkong dan Indonesia guna melanjutkan kegiatan mereka. Sekitar tahun 1960-70an tersiar kabar bahwa mereka sering bekerjasama dengan kepolisian dalam mengontrol wilayah kekuasaan mereka. Akibatnya menimbulkan korupsi di tubuh kepolisian, masalah ini langsung di tanggapi oleh Komisi Independen Pemberantas Korupsi pada tahun 1974 dan membuat Triad kehilangan rekan bisnis, yang akhirnya Triad beralih ke perdagangan bawah tanah.

Terdapat sekitar 57 Organisasi Triad di Hongkong dan kekuatan mereka terus meningkat. Mereka kejam dalam polusi urusan kriminal, namun mereka beroperasi dalam skala sangat kecil dan membatasi kekerasan untuk menghindari sorotan publik. Tak ada pemimpin namun secara umum mereka tergabung dalam beberapa kelompok independen yang sederajat, sehingga tidak dapat saling memerintah dan perbedaan level. Kekuatan sesungguhnya berada di level bawah dari hirarkisnya, Biasanya seorang petarung membawahi 15 anggota aktif yang menguasai jalanan, gedung, pasar dan lapangan atau taman. Untuk menjadi anggota, mereka harus menjalankan upacara dengan mengucapkan 36 sumpah, diantaranya sbb :
  • Setelah memasuki gerbang Hung I, saya harus memperlakukan orangtua dan kerabat dari saudara sesumpah saya sebagai keluarga saya sendiri. Jika saya melanggar saya bersedia mati disambar lima petir.
  • Saya tidak akan berkonspirasi dengan orang lain untuk mencurangi saudara sesumpah saya dalam berjudi. Jika terjadi saya akan mati oleh pedang anggota-anggota saya sendiri.
  • Jika saya mengetahui bahwa Pemerintah mencari saudara sesumpah saya, maka saya akan segera memberitahu saudara sesumpah saya tersebut agar ia dapat melarikan diri dengan segera. Jika melanggar saya akan mati disambar lima petir.

0 comments:

Post a Comment

Sebagai pembaca yang baik, mohon berikan komentar anda disini