Friday, 20 June 2014

Maskapai penerbangan yang berhenti beroperasi di RI

Posted by Unknown 11:16, under | No comments

Ian bLink - Kemarin Dewan Direksi PT Mandala Airlines, yang beroperasi dengan merek Tigerair Mandala mengumumkan bahwa Tigerair Mandala akan menghentikan kegiatan operasional terhitung tanggal 1 Juli 2014.

Kebijakan yang diambil oleh Dewan Mandala merupakan keputusan yang sangat berat. Dewan mengambil keputusan dengan mempertimbangkan beberapa faktor, antara lain: kondisi pasar yang sedang turun, serta meningkatnya biaya operasional akibat depresiasi rupiah yang cukup tajam terhadap dolar AS.

Sejak beroperasi kembali di bulan April 2012, Mandala terus mengalami kerugian. Perkembangan industri yang menantang membuat pemegang saham sulit untuk terus memberikan dukungan keuangan kepada Mandala.

Dewan meninjau posisi Mandala dan memutuskan bahwa Mandala tidak memiliki sumber daya yang memadai untuk melanjutkan kegiatan operasionalnya. Maskapai telah secara resmi menyampaikan informasi terkait penghentian operasional terhitung tanggal 1 Juli 2014 ini kepada Direktorat Jenderal Perhubungan.

Setelah pengumuman ini, penerbangan terakhir yang akan dioperasikan oleh Mandala adalah RI545 pada tanggal 1 Juli 2014, yang dijadwalkan berangkat dari Hong Kong menuju Denpasar pada pukul 02.35. Selain penerbangan di atas, seluruh penerbangan Mandala pada tanggal 1 Juli 2014 dan seterusnya dibatalkan.

Sebelum Tigerair Mandala memutuskan untuk berhenti, masih banyak merek maskapai penerbangan Indonesia yang sudah stop operasi. Berikut ini hasil penelusuran Ian bLink dari berbagai sumber :


1. Sempati Air

Didirikan pada Desember 1968 dengan nama PT Sempati Air Transport, Sempati memulai penerbangan perdananya pada Maret 1969 menggunakan pesawat DC-3. Sempati awalnya hanya menawarkan jasa transportasi bagi karyawan perusahaan minyak, namun setelah DC-3 tambahan serta Fokker F27 dibeli, Sempati memulai penerbangan berjadwal ke Singapura, Kuala Lumpur dan Manila.

Nama perusahaan berubah menjadi Sempati Air pada tahun 1996. Ketika krisis moneter 1998 menghantam Indonesia, Sempati Air terpaksa menjual atau mengembalikan pesawatnya. Sempati Air berhenti beroperasi sejak 5 Juni 1998. Kode IATAnya, SG, kini kode itu digunakan oleh maskapai penerbangan dari India SpiceJet.


2. Adam Air

PT Adam SkyConnection Airlines didirikan oleh Sandra Ang dan Agung Laksono, yang juga menjabat sebagai Ketua DPR saat itu. Maskapai ini mulai beroperasi pada 19 Desember 2003 dengan penerbangan perdana ke Balikpapan.

Pada awal beroperasi Adam Air menggunakan dua Boeing 737 sewaan. Setelah berbagai insiden dan kecelakaan yang menimpa industri penerbangan Indonesia, pemerintah membuat pemeringkatan atas maskapai-maskapai tersebut.

Dari hasil pemeringkatan yang diumumkan pada 22 Maret 2007, Adam Air berada di peringkat III yang berarti hanya memenuhi syarat minimal keselamatan dan masih ada beberapa persyaratan yang belum dilaksanakan dan berpotensi mengurangi tingkat keselamatan penerbangan.

Akibatnya Adam Air mendapat sanksi administratif yang ditinjau ulang kembali setiap 3 bulan. Setelah tidak ada perbaikan kinerja dalam waktu 3 bulan, Air Operator Certificate Adam Air kemudian dibekukan.

Pada April 2007, PT Bhakti Investama Tbk (BHIT) melalui anak perusahaannya Global Air Transport membeli 50% saham Adam Air dari keluarga Sandra Ang dan Adam Suherman, namun setahun kemudian pada 14 Maret 2008 menarik seluruh sahamnya karena merasa Adam Air tidak melakukan perbaikan tingkat keselamatan serta tiadanya transparansi.

Kegiatan operasional Adam Air kemudian dihentikan sejak 17 Maret 2008 dan baru akan dilanjutkan jika ada investor baru yang bersedia menalangi 50% saham yang ditarik Bhakti Investama tersebut.

Pada 18 Maret 2008, izin terbang atau Operation Specification Adam Air dicabut Kementerian Perhubungan melalui surat bernomor AU/1724/DSKU/0862/2008. Isinya menyatakan bahwa Adam Air tidak diizinkan lagi menerbangkan pesawatnya berlaku efektif mulai pukul 00.00 tanggal 19 Maret 2008.

Sedangkan AOC (Aircraft Operator Certificate)nya juga ikut dicabut pada 19 Juni 2008, mengakhiri semua operasi penerbangan Adam Air.


3. Bouraq Air

Bouraq dalam agama Islam adalah nama seekor kuda bersayap. Maskapai ini didirikan oleh J.A. Sumendap, putra asli Manado, demi membuka prasarana perhubungan dan transportasi dari dan ke Kalimantan pada akhir 1960-an.

Selama tiga dekade beroperasi, banyak suka duka yang telah dialami Bouraq berbanding lurus dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Pada dekade 80-an, Bouraq makin melaju. Saat itu Bouraq memiliki 4 (empat) pesawat Vicker Viscount (VC-843), 3 (tiga) buah Casa NC-212 dan 16 (enambelas) BAE-748 seri 2A dan 2B.

Sampai pada tahun 1997 Bouraq bahkan memiliki 10 (sepuluh) buah Hawker Siddeley 748 dan 8 (delapan) B-737-200. Sayangnya, krisis ekonomi menerpa Indonesia.

Bouraq akhirnya mengambil bermacam langkah strategis agar mempu tetap bertahan, seperti penciutan armada, menutup beberapa operasi jalur penerbangan yang dinilai kurang menguntungkan.

Krisis ekonomi tidak berarti seluruh kegiatan operasional Bouraq terhenti sama sekali. Segala upaya terus dilakukan manajemen Bouraq di bawah kepemimpinan Danny Sumendap, putra dari J.A. Sumendap agar bisa bertahan hidup.

Pada penghujung 2004 Bouraq Airlines telah berhenti beroperasi karena kalah bersaing dengan operator penerbangan yang baru yang bermunculan di awal masa reformasi.


4. Indonesia Airlines

PT Indonesian Airlines Aviapatria didirikan tahun 1999 dan mulai beroperasi Maret 2001. Pada September 1999, ia memperoleh izin dari pemerintah Indonesia untuk melakukan penerbangan berjadwal di 46 rute.

Perusahaan ini dimiliki oleh investor perorangan (75%) dan Rudy Setyopurnomo (25%), Presiden Direktur maskapai ini. Indonesian Airlines menghentikan operasinya pada tahun 2003. Setelah itu kantor pusatnya juga ditutup.

Rudy Setyopurnomo kemudian bekerja pada Grup RGM Group yang mengoperasikan 4 pesawat kecil sebelum akhirnya dipilih Menteri BUMN Dahlan Iskan untuk memimpin maskapai pelat merah, PT Merpati Nusantara Airlines (MNA)

Maskapai ini pernah mengoperasikan 1 Boeing 727-200, 2 Boeing 737-300 dan 2 Boeing 747.


5. Linus Airways

Linus Airways adalah salah satu maskapai penerbangan regional Indonesia. Maskapai ini pernah melayani beberapa kota di Indonesia antar lain Pekanbaru, Medan, Semarang, Palembang, Batam dan Bandung.

LINUS sendiri merupakan kependekan dari 'Lintasan Nusantara'. Linus Airways yang berbadan hukum perseroan PT Linus Airways sejak 1 Juni 2004 ini, baru mengantongi ijin terbang (Air Operator Certificate/AOC) no 121-029 dari Kementerian Perhubungan 13 Februari 2008.

Dikarenakan alasan kesulitan likuiditas maka terpaksa pemerintah secara resmi telah mencabut izin rute Linus Air, sehingga menghentikan layanannya sejak 27 April 2009.


6. Batavia Air

Batavia Air menyatakan dengan keluarnya putusan pailit, kegiatan operasional bisnis penerbangan Batavia Air ditutup tanggal 31 Januari 2013 karena dinyatakan pailit oleh
Pengadilan Niaga Jakarta Pusat. Surat Pemberitahuan setop operasi sudah dikirimkan kepada Ditjen Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan.

Pengadilan Niaga Jakarta Pusat saat itu telah menunjuk empat kurator. Keempat kurator tersebut adalah Turman Panggabean dan Andra Reinhard Sirait dari firma Duma & Co., Permata N. Daulay dari firma Daulay & Partners, serta Alba Sukma Hadi dari firma Sukma & Partners.

Para kurator tersebut akan membantu menangani urusan dari dampak penutupan usaha Batavia Air. Tim kurator yang dipilih Pengadilan Niaga Jakarta Pusat akan menangani berbagai dampak diberhentikannya kegiatan bisnis Batavia Air, termasuk urusan refund atau endorse tiket penumpang, kargo, pajak, penyelesaian masalah karyawan, serta mitra seperti agen travel dan kreditur.

Seluruh karyawan Batavia Air diberhentikan secara hormat, kecuali yang ditunjuk sebagai tim pemberesan. Semua kewajiban karyawan yang diberhentikan akan diurus oleh tim sumber daya manusia kepada kurator, sesuai Undang-Undang Ketenagakerjaan Nomor 13 tahun 2003 pasal 165. Batavia Air digugat pailit oleh International Lease Finance Corporation (ILFC) yang berkantor pusat di Amerika Serikat. Perusahaan penyewaan pesawat itu memiliki dua Airbus 330.

Pesawat jenis itulah yang menjadi awal gugatan kepada Batavia Air. ILFC menggugat karena timbul utang besar oleh Batavia Air dengan menyewa pesawat tersebut.


7. Merpati Nusantara Airlines

Nasib sial terus menghampiri maskapai milik negara PT Merpati Nusantara Airlines. Karena utang yang menggunung hingga lebih dari Rp 7 triliun, Merpati berhenti beroperasi Februari 2014 lalu. Yang lebih tragis lagi, dua pesawat Merpati ternyata baru saja ditarik perusahaan penyewa (lessor) di Desember ini.

Pesawat telah ditarik pada tanggal 16 Desember 2013 boeing 737-300 dan tanggal 19 Desember 2013 boeing 737-400. Kini Merpati pun hanya memiliki 15 pesawat untuk melayani penumpang.

Padahal idealnya pesawat Boeing harus memiliki setidaknya 12 pesawat kalau pembayaran karyawan terpenuhi semua. Apabila hanya lima pesawat dirasa kurang banyak dan sangat minim dalam memberikan pelayanan.

Maskapai penerbangan PT Merpati Indonesia Airlines (Merpati) masih berada dalam keterpurukan. Rute-rute yang dulu diterbangi Merpati kini sudah hangus dan tak bisa diterbangi lagi.

Kementerian Perhubungan memberikan waktu 60 hari terhitung sejak Merpati berhenti terbang, agar Merpati bisa kembali mengaktifkan rute-rutenya. Diketahui, Merpati berhenti mengoperasikan armadanya pada 1 Februari 2014

Total utang menurut Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) senilai Rp 7,29 triliun di mana Rp 400 miliar adalah tunggakan untuk bayar gaji dan refund tiket.

Monday, 16 June 2014

Kiprah Indonesia di Piala Dunia

Posted by Unknown 09:42, under | No comments


Ian bLink - Menjadi negara Asia pertama yang tampil di Piala Dunia 1938, Indonesia langsung tersingkir setelah menderita kekalahan dari Hongaria. Meski kebobolan banyak gol, penggawa Indonesia dianggap tampil menjanjikan.

Lolosnya Indonesia (masih memakai Hindia Belanda ketika itu) ke Piala Dunia sejatinya lebih karena faktor keberuntungan. Karena terlibat perang Asia Timur di 1937, Jepang mengundurkan diri dari Piala Dunia. Timnas Indonesia pun langsung lolos ke babak final Piala Dunia di Prancis 1938, tanpa harus melewati babak kualifikasi. Menurut sumber lainnya, Negeri Matahari Terbit itu tak jadi berangkat karena faktor transportasi.

Untuk memenuhi undangan tersebut, Hindia Belanda membentuk skuat yang terdiri dari perpaduan antara warga lokal suku Jawa, Maluku, warga etnis Tiongkok plus Indo-Belanda.

Johannes Christoffel van Mastenbroek (Belanda) ditunjuk untuk menangani tim nasional Hindia Belanda. Sang pelatih lahir 5 Juli 1902 dan dibesarkan di Dordrecht, Belanda bagian selatan.

Skuat Hindia Belanda diketahui berangkat ke Prancis tanpa mendapat restu dari PSSI yang berdiri pada tahun 1930. Para pemain dan staf kepelatihan diberangkatkan oleh sebuah organisasi bentukan pemerintah kolonial Belanda, Nederlandcshe Indische Voetbal Unie (NIVU). FIFA lebih mengakui NIVU daripada PSSI.

Sekitar 9,000 penonton hadir di Stadion Velodrome Municipal, Reims untuk menyaksikan sebuah pertandingan putaran pertama Piala Dunia 1938 antara Hungaria dan Hindia Belanda. Turnamen ini menggunakan sistem gugur.

Wasit Roger Conrie (asal Prancis) memimpin pertandingan yang digelar pada 5 Juni 1938 itu. Ia didampingi hakim garis Carl Weingartner (Jerman) dan Charles Adolphe Delasalle (Prancis), memimpin dua tim yang masuk ke dalam lapangan hijau.

Tim Hindia Belanda dilaporkan oleh BBC bermain dengan mengenakan kaos orange berkerah putih, celana pendek selutut berwarna putih dan kaos kaki berwarna biru muda. Sedangkan tim Hungaria memakai kostum serba putih.

Kapten tim Hindia Belanda Achmad Nawir memakai kacamata dalam bermain. "Kapten timnya itu dokter, yang menggunakan kacamata," ujar wartawan The Times.

Wartawan olahraga Belanda, CJ Goorhoff, berkesempatan meliput pertandingan Hindia Belanda vs Hungaria secara langsung di stadion yang kini berganti nama jadi Stadion Auguste Delaune. Dalam laporannya, seperti dikutip dari BBC, permainan tim Hindia Belanda kurang mampu mengembangkan permainan. Namun di babak kedua, permainan mereka lebih baik.

Bintang Hungaria Gyorgy Sarosi tidak menyangka Hindia Belanda sanggup menandingi timnya. "Pertandingan melawan Hindia Belanda agak berat karena mendapat perlawanan. Banyak kejutan," kata pencetak dua gol Hungaria ke Hindia Belanda, seperti diungkapkan kembali oleh Goorhoff.

Komentar Sarosi pasca-pertandingan ini memang beralasan. Sebab, rata-rata tinggi badan para pemain Hindia Belanda adalah sekitar 160 cm, sangat berbeda dengan badan skuat Hungaria yang tingginya besar.

Ada empat nama pemain Hindia Belanda yang seringkali menghambat setiap upaya serangan tim Hungaria. Kepada Goorhoff, Sarosi mengungkap siapa saja nama pemain tersebut. Mereka adalah Sutan Anwar, Tjaak Pattiwael, Hans Taihuttu dan Suwarte Soedarmadjie.

Hindia Belanda harus menerima kekalahan telak 0-6 dari Hungaria. Hindia Belanda tersingkir, Hungaria melenggang ke babak berikutnya, bahkan sampai babak final setelah mengalahkan Swiss 2-0 di perempatfinal dan Swedia 5-1 di semifinal. Italia kemudian tampil sebagai kampiun selepas menghajar Hungaria 4-2.

Ini dia daftar skuat Hindia Belanda yang dibawa ke Prancis :




Kiper : Tan "Bing" Mo Heng (HCTNH Malang), Jack Samuels (Hercules Batavia)

Belakang : Dorst, J. Harting Houdt Braaf Stand (HBS Soerabaja), Frans G. Hu Kon (Sparta Bandung), Teilherber (Djocoja Djogjakarta).

Tengah : G.H.V.L. Faulhaber (Djocoja Djogjakarta), Frans Alfred Meeng (SVBB Batavia), Achmad Nawir (HBS Soerabaja), Anwar Sutan (VIOS Batavia), G. van den Burgh (SVV Semarang).

Depan : Tan Hong Djien (Tiong Hoa Soerabaja), Tan See Han (HBS Soerabaja), Isaac "Tjaak" Pattiwael (VV Jong Ambon Tjimahi), Suvarte Soedarmadji (HBS Soerabaja), M.J. Hans Taihuttu Voetbal Vereniging (VV Jong Ambon Tjimahi), R. Telwe (HBS Soerabaja), Herman Zomers (Hercules Batavia).

Pelatih : Johannes Christoffel van Mastenbroek (Belanda)

Skema Pertandingan Piala Dunia 1938


Monday, 9 June 2014

10 penghuni menyeramkan di Sungai Amazon

Posted by Unknown 10:43, under | No comments

WWF
Ian bLink - Ketika anda membaca atau mendengar tentang Amerika Selatan pasti pikiran anda langsung mengarah ke Sungai Amazon, ya.. kali ini saya akan membahas mengenai sungai terpanjang ke-2 di dunia ini. Sedikit info Sungai Amazon memiliki panjang mencapai 6.400 Km / 3.976 Mil dengan ketinggian mata air 5.597 M yang meliputi Negara DAS ( Brasil 62,4%, Peru 16,3%, Bolivia 12,0%, Kolombia 6,3% dan Ekuador 2,1% ) dengan keseluruhan wilayah DAS 6.915.000 Km².

Sungai Amazon merupakan sungai terpanjang setelah Sungai Nil yang terletak di Amerika Selatan. Sistem perairannya merupakan yang terbesar dibandingkan dengan Sungai Nil, Yangtse, Missisippi. Sungai ini juga sungai air tawar terbesar dan kadar garam rendah dengan banyaknya air tawar yang terbuang ke air laut. Jumlah air tawar yang di lepaskan ke Samudra Atlantik mencapai 184.000 m³ per detik (6,5 juta kaki³) di musim hujan. Aliran Sungai Amazon merupakan seperlima dari jumlah seluruh air tawar yang masuk ke laut di seluruh dunia. Air di laut dekat sungai ini memiliki kadar garam yang rendah sampai beratus mil jauhnya.
Sangat menakjubkan sekali.. ..

Sungai Amazon adalah sungai yang dihuni oleh habitat hewan langka dan beberapa predator mematikan di dunia. Hewan-hewan ini selalu di jaga oleh Tim Perlindungan Satwa Dunia seperti WWF karena eksistensinya yang mulai langka. Berikut ini hewan - hewan menyareamkan yang bisa ditemukan di sungai Amazon :

Piranha

Piranha Piranha Piranha Piranha Piranha

Ikan ini adalah predator karnivora dengan gigi tajamnya. Ia termasuk ikan air tawar dan disebut sebagai caribes. Selain di sungai Amazon, habitat ikan ini juga bisa ditemukan di Venezuela. Piranha bukanlah ikan berbahaya, karena sering di koleksi dan dibudidayakan di rumah.

Anakonda

Anakonda Anakonda

Membayangkan ular anaconda pasti Anda ingat kekejaman ular ini di film Hollywood sekuel anakonda. Rupanya anakonda tidak sekejam itu meski termasuk dalam hewan predator. ular ini sering ditemukan di sungai Amazon dengan tubuh raksasa dan panjang. Hewan melata ini bisa dikatakan pemakan segala hewan lain yang muat dimulutnya bahkan sapi atau kerbau muat di rahang mengerikannya ini. Anda muat? pasti.

Piracucu

Ikan cantik piracucu

Ini adalah ikan air tawar yang terbesar dan hidup di wilayah tropis Amerika Selatan. Disebut terbesar karena panjang tubuhnya mencapai 3 meter (wow) dengan berat tubuh hingga 200 kilogram. Namun, akhir-akhir jarang sekali ditemukannya piracucu/arapaima yang berukuran lebih dari 2 meter, biasanya hanya 1-1,8 meter. Mungkin hal ini dipengaruhi manusia yang mulai tertarik menjual ikan ini ke negara lain sehingga eksistensinya mulai berkurang, sangat disayangkan bukan karena ikan ini sekilas terlihat seperti Arwana.

Buaya Amazon

si monster amazon

Buaya di sungai Amazon termasuk yang terbuas di dunia. Jika suatu area di huni oleh sekumpulan buaya ini, maka hewan-hewan lain akan menyingkir dari area tersebut. Menakutkan, orang mana sih yang tidak takut buaya?

Amazon Catfish



Ini adalah jenis ikan lele terbesar di dunia dan hidup di perairan Amazon. Bayangkan dari semua ikan yang hidup di sungai Amazon hampir separuhnya adalah dari jenis ikan lele termasuk catfish jenis ini. Biasanya ikan ini hidup di dasar sungai paling dalam dan hanya muncul mendekati permukaan pada malam hari. Kebanyakan manusia menguji nyali nya dengan menangkap ikan ini yang sudah berukuran raksasa karena tenaga perlawanannya seperti anak muda berdarah panas, menarik bukan? ingin mencobanya, segera pesan tiket ke amerika terus ke sungai Amazon.

Belut Listrik

Belut men Belut, bukan sembarang belut tapi amazon punya

Belut listrik atau sidat listrik (Electrophorus electrics) yaitu ikan penghasil listrik yang hidup di air tawar. Listrik ini berfungsi untuk panca indera sebagai navigasi dan melindungi diri dari serangan musuh. Listrik yang dihasilnya bisa mencapai 650 volt dan hidup di Sungai Amazon dan Sungai Orinoko. Panjangnya mencapai 1 meter dengan berat tubuh 44 pound (20 kg). Makanya hati-hati jika anda berenang di Sungau Amazon, berani memang?

Ulat Beracun

Ulat Beracun sekali kena tewas

Termasuk jenis ulat berbulu namun racun yang dikandungnya berbahaya. Orang yang menyentuh ulat ini bisa langsung mati karena tersengat racun. Racun ini menyerang aliran darah dengan menghentikan pembekuan darah (kandungan anticoagulant) sehingga menyebabkan tekanan darah menurun dan mati. Biasa ditemukan di pohon-pohon hutan disekitar sungai Amazon. Anda phobia ulat? jangan coba-coba datang ke tempat mematikan ini

Katak Beracun

bentuk indah tak menjamin indah sifatnya itulah katak beracun

Bagian beracun pada katak ini adalah lendir di sekujur tubuhnya. Ia bisa mematikan lawan hanya dengan sentuhan. Lompatannya mencapai 2 meter, lebih panjang dari ukuran tubuhnya yang kecil. Banyak masyarakat setempat menggunakan lendir katak ini untuk membunuh lawan atau mangsa dengan anak panah mereka. Bentuk dan warna katak ini memang sangat indah, tapi jangan coba-coba anda tangkap atau anda akan D.O dari dunia ini atau ke rumah sakit. Pocong lompat saja gak sampai 2 meter.

 Candiru

candiru candiru si hewan kecil yang suka lubang penis dan vagina

Ini adalah ikan vampire satu spesies dengan ikan lele. Ikan lebih berbahaya dari ikan piranha yang hanya makan daging namun ia menghisap darah lawan. Disebut sebagai ikan parasit karena ia ke insang ikan lain dan meminum darah lawan. Ia akan mengeluarkan tulang belakang untuk berpegangan pada ingsang. Buset ! udah sama macam vampire beneran saja.


Meski berukuran kecil namun jangan diremehkan konon juga ditakuti oleh penduduk lokal. Ia termasuk ikan yang senang dengan darah dan air seni. Sehingga jika ada orang mandi telanjang di sungai Amazon, tanpa disadari ikan ini akan menyerang bagian vital manusia seperti anus, vagina dan lubang penis. Jika sudah masuk hanya dapat diambil melalui operasi. Mengerikan bukan?

Tyrannobdella Rex

Lintah menjijikkan dari amazon

Lintah jenis ini termasuk dalam kerabat lintah Taiwan yaitu Dinobdella ferox. Memiliki barisan gigi yang teksturnya mirip dengan dinosaurus karnivora (Tyrannosaurus Rez) meski kecil. Lintah ini menghisap darah lawan paling sering melalui hidung, juga melalui lubang tenggorokan, mulut, serta di area genitalia. Karena ukurannya kecil, maka sulit untuk dideteksi, tiba-tiba saja korban yang terkena lintah ini akan mengeluh pusing. Ia akan terlepas dari inangnya jika sudah berukuran 7 cm berbeda dari jenis lintah lain yang akan lepas jika sudah merasa kenyang. Lintah bro lintah, jijik dan menggenaskan bentuk dan warnanya, bayangkan jika kulit halus dan bohay nya mengenai badan anda, anda pasti akan mengira yang mengenai anda adalah The Fucking Lintah. (di ambil dari beberapa sumber)

Friday, 6 June 2014

Tips Jitu Irit BBM Motor Anda

Posted by Unknown 10:07, under | No comments


Ian bLink - BBM atau bahan bakar minyak menjadi salah satu hal yang sangat vital bagi kehidupan kita, padahal bahan bakar minyak khususnya bensin merupakan salah satu jenis sumber daya alam yang tidak dapat di perbaharui, di samping itu harga BBM yang semakin mahal. Maka dari itu mulai sekarang kita minimal harus tau tentang pentingnya kesadaran kita dalam upaya penghematan bahan bakar minyak, untuk itu kali ini saya akan sedikit membahas bagaimana tips-tips yang ampuh untuk menghemat BBM buat sepeda motor anda semua, langsung saja simak tips dari saya agar bisa menghemat BBM berikut ini.


Berikut adalah tips jitu untuk mengirit konsumsi BBM di motor anda.



1. Memasang Power Booster

Trik paling gampang untuk menghemat bensin adalah dengan cara memperbesar pengapian. Hal ini berlaku untuk motor 2 tak dan 4 tak. Dengan memperbesar api/tegangan, otomatis bahan yang diletup busi makin sempurna terbakar. Singkatnya bersih tak tersisa, jadi tidak perlu membuka gas besar untuk mendapatkan tenaga spontan. Bagaimana caranya? Pasang saja power booster, alat ini dapat dibeli di toko-toko onderdil.

2. Setel Ulang Pelampung
Jumlah bahan bakar yang akan masuk ke ruang bakar akan ditampung dulu oleh karburator. Kalau pada saat itu saja sudah boros mensuplay bensin, mana bisa disebut irit. Agar motor makn irit dan tidak mempengaruhi tenaga, turunkan ketinggian pelampung karburator 1-2 mm, dijamin konsumsi bensin akan lebih irit.

3. Bikin LSA (Lobe Separation Angle) Lebih Sempit
Cara ini berfungsi untuk motor 4 tak yang sudah pernah dikorek (setingan balap). Pasalnya, untuk mengungkit tenaga di putaran atas, lobe separation angle (LSA) dibuat lebih renggang. Otomatis bukaan makin lama dan bensin akan boros. Supaya tidak boros sekali, kecilkan sudut LSAnya. Dengan sudut yang kecil bukaan klep tidak akan terlalu lama sehingga bensin tadi tidak banyak mengalir ke ruang bakar.

4. Bikin Rapat Setelan Klep
Khusus motor 4 tak, cara yang dapat digunakan yaitu dengan mengubah setelan klep. Karena perangkat inilah yang mengatur campuran bahan bakar dan udara masuk ke ruang bakar. Dengan merapatkan setelan klep standar, otomatis bukaan valve juga menyempit. Semburan bensin akan menjadi sedikit.

5. Membersihkan Kerak
Adanya kerak sangat merugikan baik dalam proses pembakaran ataupun pembuangan. Jika ada diseher, silinder kop atau klep, mengakibatkan proses pembakaran tidak sempurna. Campuran udara dan bensin tidak dapat terbakar semuanya gara-gara kerak. Dampaknya, bensin dan udara yang tersalur ke ruang bakar boros. Kerak tidak hanya menempel pada bagian itu, kerak juga dapat menumpuk pada knalpot yang mengakibatkan pembuangan gas tidak lancar.

6. Manifold Berkisi-kisi
Sebagai saluran masuk udara dari karbu ke ruang bakar, leher angsa (manipol) juga mampu menghemat BBM, yaitu bentuk manifold yang berkisi-kisi. Kisi-kisi ini akan membuat pusaran udara sehingga campuran bensin dan udara makin homogen sehingga pembakaran akan menjadi sempurna.

7. Gunakan Oli berkualitas
Pelumas yang berkualitas jelek akan dapat membuat motor kita makin haus bensin. Kenapa? Karena oli yang tidak berkualitas membuat gesekan antara material kian banyak, suhu melonjak tinggi, kerja dapur pacu makin berat dan akhirnya konsumsi bensin akan boros. Paling aman sih memakai oli anjuran dari pabrik.

8. Busi Lebih Panas
Jika temperatur di lingkungan makin dingin, suhu kerja mesin akan sulit pada kondisi ideal. Jadi membutuhkan banyak bahan bakar untuk mencapai kondisi yang ideal. Untuk mengatasinya dianjurkan memakai busi yang lebih panas dari standar. Misalnya anda biasa memakai busi denso ND24, turunkan menjadi DN22. dengan demikian, tidak membutuhkan waktu lama bagi motor untuk menuju suhu kerja optimalnya.

Wednesday, 4 June 2014

Sejarah Gangster Asal Cina Triad

Posted by Unknown 13:57, under | No comments

Triad adalah sebuah organisasi kriminal etnis cina yang berbasis di Hongkong, Macau, Tiongkok daratan dan di negara - negara dengan populasi etnis cina yang besar seperti Malaysia, Singapore, Taiwan, Amerika Serikat, Inggris dan Kanada.

Di Indonesia kata Triad sudah tidak asing lagi, karena di Indonesia ada sebuah band papan atas yang di pimpin oleh musisi ternama di Indonesia yaitu Ahmad Dhani, band itu bernama Triad. Saya tidak tau pasti nama Triad di bandnya Ahmad Dhani itu di ambil dari mana atau mungkin hanya kebetulan sama dengan salah satu nama Gangster , tapi yang saya tau sebelum band itu terbentuk ada sebuah Geng terkenal didunia yang awal mula bernama Tian Di Hui (langit, bumi dan manusia) didirikan sekitar tahun 1760an sebelum berganti nama menjadi Triad.

Pada masa itu Tian Di Hui bertujuan menumbangkan kekaisaran Manchu era Dinasti Qing dan merestorasi peraturan Han di Cina dan akhirnya pada tahun 1911 Dinasti Qing tumbang. Organisasi yang awalnya bersifat patriotis kemudian berubah menjadi tak terarah yang mengakibatkan Organisasi ini tidak terlibat dan tidak menikmati kemajuan Cina. Mereka lalu menjadi marah dan depresi, namun tak mampu mengubah jalan hidup pembrontak dan mendarah daging selama 2 abad lebih. Dan akhirnya mereka berkembang menjadi Organisasi kriminal bawah tanah, inilah awal mula Triad.

Partai komunis mengambil alih pemerintahan cina dan menerapkan pengawasan ketat pada tahun 1949, hal ini mengakibatkan anggota Triad menyingkir ke daerah selatan, Hongkong dan Indonesia guna melanjutkan kegiatan mereka. Sekitar tahun 1960-70an tersiar kabar bahwa mereka sering bekerjasama dengan kepolisian dalam mengontrol wilayah kekuasaan mereka. Akibatnya menimbulkan korupsi di tubuh kepolisian, masalah ini langsung di tanggapi oleh Komisi Independen Pemberantas Korupsi pada tahun 1974 dan membuat Triad kehilangan rekan bisnis, yang akhirnya Triad beralih ke perdagangan bawah tanah.

Terdapat sekitar 57 Organisasi Triad di Hongkong dan kekuatan mereka terus meningkat. Mereka kejam dalam polusi urusan kriminal, namun mereka beroperasi dalam skala sangat kecil dan membatasi kekerasan untuk menghindari sorotan publik. Tak ada pemimpin namun secara umum mereka tergabung dalam beberapa kelompok independen yang sederajat, sehingga tidak dapat saling memerintah dan perbedaan level. Kekuatan sesungguhnya berada di level bawah dari hirarkisnya, Biasanya seorang petarung membawahi 15 anggota aktif yang menguasai jalanan, gedung, pasar dan lapangan atau taman. Untuk menjadi anggota, mereka harus menjalankan upacara dengan mengucapkan 36 sumpah, diantaranya sbb :
  • Setelah memasuki gerbang Hung I, saya harus memperlakukan orangtua dan kerabat dari saudara sesumpah saya sebagai keluarga saya sendiri. Jika saya melanggar saya bersedia mati disambar lima petir.
  • Saya tidak akan berkonspirasi dengan orang lain untuk mencurangi saudara sesumpah saya dalam berjudi. Jika terjadi saya akan mati oleh pedang anggota-anggota saya sendiri.
  • Jika saya mengetahui bahwa Pemerintah mencari saudara sesumpah saya, maka saya akan segera memberitahu saudara sesumpah saya tersebut agar ia dapat melarikan diri dengan segera. Jika melanggar saya akan mati disambar lima petir.